Ini Dia! Tips Sederhana Menjaga dan Meningkatkan Imun Tubuh

 
 
MK.COM – Assalamualaikum sahabat sehat KMK dimana pun berada. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tattimush shalihat..
Kali ini rubrik #KesehatanKMK akan ngebahas mengenai beberapa tips untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh agar kondisi tubuh kita senantiasa dalam keadaan baik. Karena saat kamu memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh juga akan terlindungi dari berbagai macam gangguan kesehatan fisik maupun mental. Tidak ada salahnya bukan menjaga kesehatan dan melakukan pencegahan sebelum sakit?
 
Daya tahan tubuh yang kuat tidak hanya melindungi tubuh dari kuman ataupun bakteri, namun juga dapat melindungi tubuh ketika menghadapi berbagai perubahan cuaca seperti hujan angin dan panas yang extrim. Sehingga “konser” batuk pilek featuring hidung meler yang umum terlihat dan terdengar di sarana public seperti angkutan umum, pusat perbelanjaan, gedung-gedung perkantoran dapat dihindari.
Nah untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Kuy, disimak;
 
1. Pola makan sehat dan bergizi
Mau ngga mau, suka ngga suka, bagi kamu para muslimah dengan segudang aktifitas seperti kuliah, kerja atau bergelut dengan riweuhnya mengurus rumah tangga maka please.. wajib banget untuk ngedawamin pola makan sehat plus bergizi agar staminamu selalu fit. Hati-hati dengan jajanan luar, junk food, fast food dsb yang kebanyakan kurang menyehatkan dan mengandung berbagai pengawet dan penyedap yang berbahaya bagi tubuh.
 
Penting juga untuk perbanyak konsumsi sayur dan makanan yang mengandung antioksidan. Apa sih antioksidan dan mengapa ia sangat penting untuk tubuh? Yang termasuk antioksidan adalah vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yg dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh yg rusak akibat radikal bebas. Oleh karena itu, kita memerlukan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap kuat sehingga bisa melawan virus flu dan penyakit infeksi kuman lainnya.
 
Sediakan selalu buah-buahan dan sayuran segar di rumah sehingga dapat kamu konsumsi setiap hari. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan alami yang penting yang melindungi tubuh terhadap penyakit. Kandungan gizi yang kamu dapatkan dari buah-buahan dan sayuran tak tertandingi. Banyak vitamin, termasuk vitamin C, yang merupakan antioksidan dan akan melindungi sel – termasuk sistem kekebalan tubuh.
 
Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memperoleh manfaat terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi secara mentah atau dengan memasaknya dalam waktu yang tidak lama. Contoh makanan disekitar kita yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain;
 
• Brokoli kaya akan mineral dan vitamin. Sebut saja antidioksidan, vitamin E, A, dan C, semuanya ada di dalam brokoli.
 
• Bayam juga kaya akan vitamin C. Bahkan, bayam juga mengandung beta karoten dan antioksidan sehingga membantu tubuh Kamu dalam meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Ingatlah untuk tidak mengolah sayur seperti bayam dan brokoli dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.
 
• Jeruk Vitamin C pada jeruk diperlukan tubuh untuk meningkatkan sel darah putih di dalam diri yang dapat berguna dalam melawan beragam infeksi..
 
• Semangka memiliki kandunngan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi.
 
• Madu mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Manfaat madu selain sebagai antibiotik juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Madu juga dapat mengatasi alergi, asma, dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi madu setiap hari dapat menjaga dan meningkatka daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit. Jika kamu sehat maka aktifitas juga akan menyenangkan.
 
• Jamur tidak hanya memberikan anti bakteri dalam tubuh, jamur juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu tubuh meningkatkan kadar vitamin B-kompleks, vitamin A dan vitamin C. anti-oksidan melindungi sel-sel dan mencegah kerusakan sel yang mengarah ke penyakit kanker, penuaan dan penyakit lainnya. Selain itu Jamur berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu dan hawa dingin bahkan penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis jamur seperti shitake, maitake and reishi, mengandung antribakteri yang dapat berfungsi sebagai anti tumor.
 
• Kacang. Bahan makanan ini kaya akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan hebat, seperti omega 3, vitamin E, dan zick. Studi menunjukkan memakan kacang dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis. Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Selain itu kacang tanah juga kaya dengan lemak, mengandung protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium yang sangat berguna untuk tubuh.
 
• Selain beberapa jenis makanan di atas, ada begitu banyak makanan lain yang kaya antioksidan seperti kacang almond, lemon, jahe, bawang putih, kunyit, teh hijau, yogurt dsb.
 
2. Banyak minum air putih
Ada alarm tubuh sederhana tentang kebutuhan air dalam tubuh ini: sakit kepala dan haus keduanya adalaah tanda tanda kamu dehidrasi. Kamu harus minum sedikitnya delapan gelas sehari walau kini beberapa pakar mencoba mengoreksinya. Teori terbaru, minumlah air separo berat tubuh Kamu dalam sehari. Males banget kan ya jika akibat kurang minum, kemudian ada menyindirmu dengan meminjam salah satu iklan air mineral di televisi, “Ada Aqua?”
 
3. Tidur cukup
Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu karena hormon kortisol yang dikeluar saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.
 
4. Olahraga
Olahraga cukup agar tubuh sehat dan membuat metabolisme dalam tubuh tinggi. Saat keringat bercucuran maka akan banyak racun tubuh yang dilepas. Selai itu olahraga juga akan membuat tubuh segar dan bugar. Melakukan olahraga rutin dan teratur dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga jika daya tahan tubuh kita bagus maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Sirkulasi darah dalam tubuh terutama aliran darah ke otak juga akan lancar sehingga otak juga akan bekerja lebih maksimal.
 
5. Don’t forget your “Me-Time”
Sahabat KMK, walau kesibukan seakan tiada habisnya, tetap pastikan kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri. Buat ruang dalam diri kami untuk selalu bahagia. Istilah anak muda jaman sekarang mah, jangan lupa bahagia 😃 Penting untuk menjaga kestabilan emosi dan terhindar dari stres. Tubuh kita merespons emosi kita. Pasalnya, stres juga dapat memengaruhi daya tahan tubuh dan dapat membuat kamu menjadi rentan sakit. Hal ini karena pada saat kamu stres, hormon stres akan meningkat di dalam tubuh dan menekan sistem imun kamu. Stres ini juga akan membahayakan bagi kesehatan. Ketika sedang stres maka otak akan meicu pelepasan hormon adreanalin dan kortisol. Adrenalin dapat meningkata denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol dapat menaikkan gula darah.
 
Stres ini dapat merusak sistem imun alami tubuh yang dirancang untuk melindung tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Untuk menghindari stres ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan, menenangkan dan menyenangkan seperti tilawah AlQuran, mendengarkan kajian, membantu orang lain yang kesusahan, bercengkrama dengan keluarga dan sahabat, olahraga ringan dengan bersepeda keliling kompleks atau berjalan santai di taman atau tepi sawah. Aktifitas yang kamu lakukan itu akan membuat tubuh kamu rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres. Terkadang kebanyakan muslimah memilih untuk mengatasi stress dengan curhat pada orang lain, memang saat stress kita butuh orang lain untuk bertukar pikiran atau sekadar mengeluarkan keluh kesah. Tapi, percayalah.. Allah adalah sebaik-baik tempat curhat dan berkeluh kesah.
 
Itu dia! Beberapa tips yang dapat kami berikan untuk sahabat sehat KMK. Intinya sih, terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Karena bagaimanapun, gaya hidup kita dapat memengaruhi kekuatan daya tahan dalam melindungi tubuh kita dari beragam penyakit. Karena Sehat itu Investasi. Salam Sehat!
 
Oleh: Syarifah Rizkia Al-Idrus (Member Komunitas Muslimah Kreatif)