Pentingnya Mengajarkan Adab Sejak Dini pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam

MK.COM – Mengajarkan adab sejak dini pada anak sangatlah penting, karena adab dalam pendidikan Islam adalah bagian nilai utama yang wajib diajarkan pada anak. Adab berkorelasi erat dengan akhlak mulia.

Dengan adanya adab, anak akan terbiasa berakhlak dalam segala aspek dan hal ini akan menjadi karakter anak yang akan terbawa hingga anak dewasa.

Maka ketika kita melihat orang dewasa yang saat ini tidak memiliki kesantunan, akhlak yang buruk, bisa jadi karena mereka tidak diajarkan adab sejak dini dalam pengasuhan orang tua.

Dalam Islam, adab dikenal sebelum ilmu. Maka adab dalam pendidikan Islam begitu penting untuk diajarkan sejak dini pada anak.

Sebagaimana Allah SWT berfirman:

هُوَ ٱلَّذِي بَعَثَ فِي ٱلۡأُمِّيِّ‍ۧنَ رَسُولًا مِّنۡهُمۡ يَتۡلُواْ عَلَيۡهِمۡ ءَايَٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمۡ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلۡكِتَٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَإِن كَانُواْ مِن قَبۡلُ لَفِي ضَلَٰلٍ مُّبِينٍ

“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (As-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al-Jumu’ah: 2)

Dari ayat tersebut menjadi sebuah pembelajaran penting bagi orang tua agar mengajarkan adab kepada anak sehingga mereka tumbuh menjadi sosok yang bersyakhsiyah Islam dan memiliki keluhuran adab yang tinggi.

Ayat tersebut juga menunjukkan keterkaitan antara adab dan ilmu, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِفَلْيُحْسِنْ إِلَى جَارِهِ

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik terhadap tetangganya.” (HR. Muslim).

Keterkaitan adab dan ilmu sebagaimana antara akidah dan akhlak yang baik. Oleh karena itu, keluhuran adab dalam Islam dijunjung tinggi sebagaimana Nabi SAW menafikan keimanan orang yang tidak menjaga amanah dan janjinya.

Dalam hal adab Nabi SAW bersabda:

لاَ إِيْمَانَ لِمَنْ لاَ أَمَانَةَ لَهُ، وَلاَ دِيْنَ لِمَنْ لاَ عَهْدَ لَهُ

“Tidak ada iman bagi orang yang tidak menjaga amanah dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menjaga janjinya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Menanamkan adab sejak dini pada anak merupakan manivestasi karakter mulia sehingga kelak mereka akan tumbuh menjadi pribadi berakhlak mulia,santun, dan penuh kebermanfaatan bagi sesama.[]

Penulis : Hardita Amalia, S.Pd.I., M.Pd. (Mom of Three, Penulis Buku Anak Muda Keren Akhir Zaman Penerbit Qibla Gramedia, Peneliti anggota ADPIKS, Pemerhati Pendidikan, Konsultan Parenting , Dosen Tetap STAI PTDII Jakarta, Founder Sekolah Ibu Pembelajar, Headmaster Sunrise Fun Learning Pre School, Founder Madani Fun Learning Quran, Founder Majlis Taklim Muslimah Al Qonitat)

Visualis : Thery