Mulianya Bulan Rajab

 
 
MK.COM – Sahabat Muslimah Kreatif sekarang sudah masuk bulan apa yah? Yup, sekarang sudah masuk bulan April. Lho, maksudnya bulan Rajab (garing ya hihi).
 
Alhamdulillah sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Nah, sebelum bulan Ramadhan ternyata ada bulan yang juga tak kalah mulianya. Yes, bulan rajab namanya. Banyak kaum muslimin yang tidak tahu bahwa bulan Rajab adalah bulan suci, bulan haram yang harus dihormati dan dimuliakan. Semoga Sahabat Muslimah Kreatif tidak termasuk yaah😊.
 
“Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah SWT ada dua belas bulan dalam catatan Allah pada hari, ketika Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Di antaranya terdapat empat bulan haram [suci]. Itulah agama yang lurus. Maka, janganlah kalian menzalimi diri kalian di bulan-bulan itu.” [Q.s. at-Taubah: 36]
 
Karena mulianya bulan ini, maka kebaikan yang dilakukan pada bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah, sebaliknya bagi yang melalaikannya bahkan melakukan maksiat di dalamnya ada dosa berlipat yang menunggu. Hiiiy sereem yaah.
 
Imam al-Baihaqi dalam kitabnya, Sya’b al-Iman, menyatakan bahwa Allah SWT telah menjadikan dosa yang dilakukan di bulan-bulan [haram] tersebut lebih besar. Begitu juga amal shalih dan pahalanya [yang dilakukan di bulan-bulan haram tersebut] juga sangat besar [al-Baihaqi, Sya’b al-Iman, Juz III/370].
 
Selain sebagai bulan suci, keistimewaan bulan Rajab juga karena Allah memilih banyak peristiwa terjadi di bulan ini, diantaranya adalah: Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW, hijrahnya kaum muslim yang pertama ke Habasyah, di bulan ini pula peralihan kiblat kaum muslimin dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram, Baitul Maqdis pun berhasil direbut kembali oleh Salahuddin Al-Ayubi pada bulan Rajab. Bahkan di bulan Rajab pula pertemuan pertama kali Rasulullah SAW dengan kaum Anshar, dimana melalui tangan merekalah Negara Islam pertama kali ditegakkan. MasyaAllah luar biasa sekali bulan Rajab ini.
 
Semoga kita semua mampu membuahkan pahala berlimpah pada bulan ini yah. Aamiin
“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan”
Allahumma aamiin.
 
Oleh: Harada An (Muslimah Care, Pengurus Komunitas Muslimah Kreatif)

 
Rate this article!
Mulianya Bulan Rajab,0 / 5 ( 0votes )