Kerennya Bahasa Arab

 
MK.COM – Marhaban! Bertemu lagi nih dengan rubrik #BahasaArabKMK, sekarang kita akan bahas sisi kerennya bahasa Arab, tapi bukan berarti ada sisi gak kerennya ya.
 
Dalam bahasa Arab semua bisa dijelaskan dengan logika, bahkan dari kata yang panjang sekalipun, ia memiliki akar kata, yang jumlahnya hanya tiga. Kemudian dari akar kata tersebut kita bisa membuat beragam kata yang lebih kompleks.
 
Sebagai contoh misalnya, akar kata ك – ت – ب (kataba) yang artinya menulis bisa meluas menjadi كتاب (kitaabun) yang artinya buku, truz logikanya di mana, ya buku kan memang untuk ditulis ya khaaan.
 
Hmm…lanjut ya, dari akar kataba bisa juga berubah menjadi مكتبة (maktabah) yang artinya perpustakaan. Trus apa hubungannya akar kata kataba yang artinya menulis dengan maktabah yang artinya perpustakaan, yaiyalah semuanya berkaitan selain perpustakaan adalah tempat untuk menulis ia juga tempat buku-buku berkumpul.
 
Selain itu akar kata kataba bisa juga berkembang menjadi كاتب (kaatib) yang artinya penulis, kemudian berubah juga menjadi مكتوب (maktub) yang artinya tertulis atau bisa juga surat. Nah kalau disebutin nih yaah ada menulis-buku-perpustakaan-penulis-surat, bisa dilihat logika dan benang merahnya khaan.
 
Dear sahabat muslimah kreatif, yuk kita pelajari terus bahasa Arab supaya kita juga makin kreatif. Ma’assalaamah.[]
 
Penulis : Shibuya Yuri (Dosen Bahasa Arab, Member Komunitas Muslimah Kreatif)

Rate this article!
Kerennya Bahasa Arab,0 / 5 ( 0votes )
Tags: