Mencari Kata dalam Kamus Bahasa Arab

 
 
 
MK.COM – Assalaamu’alaikum…kaifa haalukun? Semoga sahabat muslimah kreatif selalu dalam keadaan khoir ya..alhamdulillah kita bisa bersua kembali dalam rubrik #BahasaArabKMK, bahasan #BahasaArabKMK kali ini berkaitan dengan kamus nih. Kalau kata guru yang mengajari saya, kamus itu adalah senjata bagi siapapun yang ingin belajar bahasa, tak terkecuali bahasa Arab, Karenanya pada kesempatan ini kita akan bahas gimana caranya supaya bisa mencari kata dengan mudah dalam kamus bahasa Arab.
 
Memang betul dalam beberapa kamus bahasa Arab penggunaannya memerlukan ilmu sharaf, yaitu ilmu yang mempelajari perubahan kata, tapi ada juga loh kamus yang memang disusun praktis, sehingga bisa langsung dipakai.
 
Nah, ketika ingin menggunakan kamus sebaiknya tidak hanya mengikuti kiat praktis penggunaan yang ada di dalamnya, tapi juga harus memperhatikan hal-hal berikut:
 
1. Perhatikan bentuk kata yang ingin dicari, untuk kamus yang memerlukan ilmu sharaf, maka kata pertama yang ada di dalam kamus tersebut menggunakan fi’il madhi (kata dasar). Misal kalo teman-teman mau mencari kata مَكْتُوْبٌ, maka dalam kamus harus ditelusuri pada bagian huruf ‘kaf’ (ك), bukan huruf ‘mim’ (م) karena fi’il madhi dari kata مَكْتُوْبٌ adalah كَتَبَ ^.^
 
2. Buang huruf ziyadah (huruf tambahan) yang melekat pada kosakata yang ingin dicari, huruf ziyadah tersebut adalah سألتمونيها/ saaltamūnīhā misal kata يَلْعَبُوْنَ (ي-ل-ع-ب-و-ن), mari kita coba hilangkan huruf ziyadahnya ya..maka akan tersisa huruf ل-ع-ب saja, huruf yang tersisa itulah yang merupakan kata dasarnya. Jika sudah dapat kata dasarnya, tinggal ditelusuri di dalam kamus deh
 
3. Dalam kamus bahasa Arab terdapat singkatan-singkatan yang harus diperhatikan dan dipahami, misal ج (جمع) untuk menunjukkan kata jama’ atau plural, م (مؤنث) untuk menunjukkan kata dalam bentuk muannats, مص (مصدر) untuk menunjukkan kata dalam bentuk mashdar, dan دخ (دخيل) yang menunjukkan bahwa kata tersebut berasal dari kata asing.
 
4. Jika kata sudah didapat, perhatikan pengertian yang ada pada konteks kalimat, sehingga bisa mendapatkan arti yang sesuai. Karena biasanya dalam kamus terdapat banyak makna.
 
5. Lihatlah contoh kalimat dari kata yang kita cari, hal itu sangat membantu memperjelas arti loh.
 
6. Catat hasil pencarian kosakatamu ya.
 
Oleh: Shibuya Yuri (Dosen Bahasa Arab & Pengurus Komunitas Muslimah Kreatif)
 

Rate this article!